Proses e-WOM dalam Membangun Brand Awareness Bagi Kuliner Pedagang Kaki Lima di Surabaya
:
https://doi.org/10.9744/scriptura.14.1.34-48Keywords:
e-WOM, brand awareness, celebrity endorserAbstract
Aktivitas e-WOM bisa dilakukan oleh siapapun yang menjadi pengguna media sosial. Komunikasi mulut ke mulut adalah salah satu komponen komunikasi pemasaran untuk membangun brand awareness. Di era digital sekarang, bertumbuhnya kecanggihan media sosial maka semakin mudah memunculkan komunikasi mulut ke mulut berbasis internet, yaitu memiliki sebutan e-WOM (Electronic Word of Mouth). Kemudian kemunculan para celebrity endorser, seperti @Njajantok_sby membuat e- WOM menjadi aktivitas komunikasi yang menarik untuk diteliti. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus deskriptif dengan teknik wawancara langsung pemilik akun Instagram @Njajantok_sby. Hasil penelitian didapatkan bahwa keunikan @Njajantok_sby adalah salah satu celebrity endorser bidang kuliner yang aktif melakukan e-WOM khususnya mengenai kuliner pedagang kaki lima di Surabaya. Penelitian ini berfokus melihat proses e-WOM dari @Njajantok_sby dalam membangun brand awareness kuliner pedagang kaki lima di Surabaya tanpa ada unsur endorsement. Konsistensi dalam komunikasi e-WOM yang dijalankan oleh @Njajantok_sby mampu menarik perhatian banyak audiens sehingga menumbuhkan rasa trust pada @Njajantok_sby. Dalam proses e-WOM, @Njajantok_sby menggunakan tiga dimensi e-WOM, yaitu content, intensity, dan valence of opinions sebagai penguatan brand awareness kuliner pedagang kaki lima di Kora Surabaya untuk membantu pemasaran bagi pedagang di Surabaya.
References
Aaker, D. (1991). Managing brand equity; capitalizing on the value of brand name, free press. New York.
Angga, D. (2023). Wawancara seputar akun IG @Njajantok_sby
Ardianto, E. (2011). Handbook of public relations. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Arikunto, S. (2005). Manajemen penelitian. Jakarta: RinekaCipta.
Ayu. (2022). Pengguna Instagram Indonesia terbesar keempat dunia. Retrieved from Media Online Data Indonesia.id
Bungin, B. (2001). Metodologi penelitian kualitatif dan kuantitatif. Yogyakarta: Gajah Mada Press.
Burrow, J., & Kleindl, B. (2002). E-Commerce marketing. Ohio, US: Thomson.
Delgado., Elena., & Manuera (2005). Does brand trust matter to brand equity?. Journal of Product and Brand Management.
Descita, K. (2020). Pengaruh e-wom terhadap brand awareness Kopi Kenangan pada warga Kota Surabaya. Skripsi. Universitas Kristen Petra.
Goyette, I., Ricard, l., bergeron, j., & marticotte, f. (2010). e-womscale: word-of-mouth Measurement Scale for e-Services Context. Canadian Journal of Administrative Sciences, 27(1), 5-23, 10.1002/CJAS.129.
Hilde A. M. V., & Guda van Noort (2021). Social media in advertising campaigns. examining the effects on perceived persuasive intent, campaign and brand responses. Journal of Creative Communications, 9(3).
Kartika. C., & Piranti. D. (2015). Pengaruh electronic Word of Mouth Twitter @Batikair terhadap brand image. Jurnal Visi Komunikasi, 14(1), 104 -116.
Keller, K. L. (2003). Strategic brand management: Building, measuring, and managing brand equity. New Jersey: Pearson Education International.
Litvin, S.W., Goldsmith, R.E., & Pan, B. (2008). Electronic Word of Mouth in hospitality and tourism management. Tourism Management Journal, 458–468.
Marijke, D. V., Hudders, L., & Nelson, M. R. (2019). What is influencer marketing and how does it target children?. Journal Psychology, 10(19).
Nathania. (2020). 5 foodies paling hits di Surabaya. Retrieved from Media online Idn Times.
Terence, A. S. (2003). Periklanan promosi & aspek tambahan komunikasi pemasaran terpadu, Jilid I (edisi 5). Jakarta: Erlangga.
Vinhas da Silva, R., Marques, C., Martinho, D., Teixeira, N., & Crespo de Carvalho, J. (2021). Instagram: A gimmick or a serious reputation builder in the airline business?. Journal of Creative Communications, 16(3).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Marco Nugroho Budiman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish in the SCRIPTURA Jurnal Ilmiah agree to the following terms:
Authors retain unrestricted copyright and full publishing rights. The authors grant the Publisher the right of first publication, with the work simultaneously licensed under the terms and conditions of the Creative Commons Attribution License (CC BY) that allows for unlimited use, distribution, and content reproduction on all media as long as the original author and source are properly acknowledged and cited.